UPT MKG ITERA

"Unit Pelaksana Teknis Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika"

               

UPT MKG ITERA dan RRI Bandar Lampung Sosialisasi Mitigasi Bencana di SMA Tunas Mekar Indonesia


October 16th, 2019 | Posted by: mkg


Unit Pelaksana Teknik (UPT) Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (MKG) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) bekerjasama dengan Radio Republik Indonesia (RRI) Bandar Lampung melakukan sosialiasi mitigasi bencana kepada para siswa SMA Tunas Mekar Indonesia, Bandar Lampung, Rabu (16/10/2019). Dalam kegiatan ini hadir dua narasumber yakni Kepala UPT MKG ITERA Drs. Zadrach Ledoufij Dupe, M.Si., dan perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lampung, Drs. Indra Utama,Dipl.Sc.

Di hadapan para siswa, Kepala UPT MKG ITERA, Drs. Zadrach Ledoufij Dupe, M.Si. menyampaikan seputar bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang belakangan marak terjadi di beberapa daerah di Indonesia. Menurut Zadrach kebakaran hutan dan lahan, 99% disebabkan oleh aktifitas manusia, seperti pembukaan lahan dengan cara membakar. Untuk itu, Zadrach mengimbau setelah memahami mitigasi bencana, termasuk pencegahan kebakaran hutan, para siswa SMA Tunas Mekar Indonesia dapat menjadi pelopor pelaksanaan mitigasi bencana di provinsi Lampung, dan Indonesia.

Sementara pemateri dari BPBD Provinsi Lampung, Drs. Indra Utama,Dipl.Sc., menyampaikan seputar mitigasi bencana yang selama ini dijalankan oleh BPBD Lampung. Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, para siswa diajak untuk lebih aktif terlibat dalam menyosialiasikan mitigasi bencana kepada masyarakat luas.

“Mitigasi kebencanaan adalah hal yang sangat penting, dan harus sudah dipahami sejak dini khususnya oleh pelajar,”ujar Indra.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2019 UPT MKG - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
   ;        
Translate »