UPT MKG ITERA

"Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika"

               

KUNJUNGAN KE 3 STASIUN BMKG PROVINSI LAMPUNG


December 3rd, 2018 | Posted by: mkg


Unit Pelaksana Teknis Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (UPT MKG) ITERA Lampung tahun 2018 mengadakan kegiatan tahunan yaitu Kunjungan Kerja Lapangan BMKG yang diperuntukkan bagi asisten UPT MKG dan Mahasiswa/I Program Studi yang ada di ITERA yaitu Sains Atmofer dan Keplanetan dan Teknik Geofisika Angkatan 2018. Kegiatan ini di ketuai oleh Kepala Unit Pelaksana Teknis Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ITERA yaitu Drs. Zadrach L. Dupe, M.Si dan Wahyu Sasongko Putro, S.T, M.Sc sebagai Dosen Pembimbing dalam Kegiatan Kunjungan Kerja Lapangan ini. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih yang tidak diberikan di perkuliahan mengenai alat-alat serta prinsip kerja di BMKG itu sendiri kepada Mahasiswa/I Baru dan Asisten UPT MKG untuk menambah pengalaman serta wawasan mengenai Dunia Kerja BMKG. Peserta yang mengikuti kegiatan ini berjumlah 40 orang yang terdiri dari 35 Orang mahasiswa dan asisten UPT serta Kepala UPT dan staff ITERA.

 

Pelaksanaan kegiatan ini dimulai dari tanggal 27 November 2018 dengan memiliki 2 agenda kegiatan yaitu mengunjungi Taman Alat Stasiun Klimatologi Kelas IV Pesawaran (Masgar) bersama dengan Penanggung Jawab dari Stasiun tersebut yaitu Pak Suparji yang dibantu oleh 4 Asisten BMKG Klimatologi dalam penjelasanya mengenai Fungsi dan Kerja dari Stasiun Klimatologi itu sendiri. Kemudian agenda selanjutnya adalah mengunjungi Stasiun Meteorologi Kelas I Bandara Raden Inten II yang dikepalai oleh Bapak Raden Theodorus Agus Heru,S.Si,M.Si yang dibantu oleh 3 Asisten BMKG Meteorologi. Kemudian Agenda hari berikutnya pada tanggal 28 November 2018 adalah mengunjungi Stasiun Geofisika Kelas III Kotabumi yang dikepalai oleh Bapak Anton Suharto, S.Kom. Sedikit berbeda dengan 2 Stasiun yang dikunjungi di hari sebelumnya, di stasiun geofisika ini akan melihat instrument yang berbeda di stasiun meteorologi dan klimatologi.

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan keterampilan serta menjadi kegiatan yang dapat dimasukan ke dalam Buku Tahunan UPT MKG yaitu Annual Book Meteorologi,Climatology,and Geophysics Division ber-ISSN yang akan dirilis pada awal tahun 2019. Kegiatan ini digunakan sebagai acuan peserta kegiatan kunjungan kerja lapangan dalam menulis laporan kegiatan eksternal ilmiah. Laporan yang ditulis oleh mahasiswa bersifat individu kemudian laporan mengenai kunjungan yang telah dibuat secara rinci akan dikumpulkan ke UPT lalu akan dipilih laporan yang terbaik yang akan dimuat di Buku UPT MKG tersebut dan menjadi nilai tambah bagi para mahasiswa yang ikut dalam kegiatan ini dari Dosen UPT yang menjadi pengampu mata kuliah mereka.

Kegiatan Kunjungan Kerja Lapangan UPT MKG diikuti oleh asisten UPT  dari program studi Teknik Geofisika angkatan 2017 , mahasiswa Program Studi TPB Sains Atmosfer dan Keplanetan angakatan 2018 dan Mahasiswa  Program Studi TPB Teknik Geofisika Angkatan 2018. Para peserta kunjungan kerja lapangan akan mendapatkan fasilitas transportasi bus pulang pergi dari Kampus ITERA menuju ke BMKG dan kembali ke Kampus, Makan Siang dan Snack selama 2 hari masa kegiatan kunjungan, serta akan mendapatkan sertifikat sebagai peserta kunjungan kerja lapangan UPT MKG.


Tinggalkan Komentar



Copyright © 2016 UPT TIK - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
           
Translate »