UPT MKG ITERA

"Meteorologi, Klimatologi,dan Geofisika"

               

UPT-MKG ITERA

(Unit Pelayanan Teknis Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika Institut Teknologi Sumatera)

Lampung merupakan provinsi yang memiliki potensi bencana yang paling rentan karena bersebelahan dengan bukit barisan dan gunung anak krakatau (Berdasarkan letak geografisnya). ITERA sebagai sebuah Institusi perguruan tinggi yang ingin mengkaji lebih dalam mengenai potensi bencana yang ada khususnya provinsi lampung.

Pemanfaatan sarana prasarana, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang menunjang kajian potensi bencana masih terbatas. Pengembangan fasilitas dan struktur kerja sama antara pihak BMKG dan ITERA untuk kajian tersebut.

Dibentuklah sebuah laboratorium di bawah Program Studi Sains Atmosfer dan Keplanetan (SAK) yang dinamakan UPT MKG ITERA .

Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, Pendidikan, Penelitian, Pengembangan Di Bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika masih terbatas dan masih pada tahap pengembangan secara masif . Rencana pemanfaatan lahan oleh pihak ITERA untuk penempatan peralatan observasi meteorologi, pertukaran data dan informasi meteorologi, peningkatan kapasitas SDM masih akan di lanjutkan sampai dengan + 10 tahun kedepan.

Pembangunan fasilitas, Sarana dan Prasarana, Pendidikan, dan Penelitian telah di sepakati bersama dalam MoU memorandum saling pengertian tahun 2016 dengan pengelolaan sumber dananya di cover oleh pihak BMKG dan ITERA.

Copyright © 2019 UPT MKG - Institut Teknologi Sumatera (ITERA)
   ;        
Translate »