KEMBANGKAN KEMAMPUAN UPT MKG ITERA UTUS MAHASISWA DALAM KEGIATAN PELATIHAN POTENSI SAR

Dalam rangka peningkatan kemampuan relawan di Provinsi Lampung pada tanggal 13-18 September 2021 bertempat di Wira Garden, BASARNAS melatih Relawan yang disebut Potensi SAR dimana UPT MKG ITERA tergabung di dalam keanggotaan FRRL (Forum Rescue Relawan Lampung) mengutus mahasiswa Prodi Teknik Kelautan bernama Ahmad Zulfikar Burhani untuk mengikuti kegiatan pelatihan sar tersebut. Zulfikar merupakan mahasiswa aktif di dalam UKM KMPA juga serta tergabung di dalam Generasi Tanggap Bencana ITERA yang disebut GATERA. Kegiatan ini dilaksanakan untuk meningkatkan sinergitas seluruh potensi sar di Provinsi Lampung agar selalu siap dan siaga dalam  melakukan pertolongan dan pencarian khususnya di daerah Ketinggian dan lokasi yang sulit terjangkau.

Di dalam rangkaian kegiatan ini dilakukan dengan menerapkan Prokes Kesehatan yang ketat agar terhindar dari Penyebaran Covid-19. Di Hari Pertama pukul 12.30 WIB (12/09/21), seluruh peserta  berkumpul di kantor BASARNAS Lampung untuk melakukan registrasi berkas dan melakukan swab test kepada peserta yang berjumlah 50 peserta. Pada pukul 15.00 WIB berangkat ke lokasi pelatihan yaitu Wira Garden.Hari Kedua pukul 05.00-18.00 WIB (13/09/21), Melakukan cek tensi tubuh dan melakukan olahraga pagi setelah itu Pembukaan Kegiatan Potensi SAR di Ketinggian yang dipimpin oleh bapak Drs. Mochamad Hernanto, M.M. selaku Kepala Sub Direktorat dan dilanjutkan pemberian materi tentang Medical First Responder (MFR) oleh Instruktur atau Mentor dari BASARNAS Lampung. Berisi tentang PENOLONG UTAMA (Medis Tingkat Dasar). Hari Ketiga pukul 05.00-18.00 WIB (14/09/21), melakukan cek tensi tubuh dan melakukan olahraga pagi setelah itu dilanjutkan praktik tentang Medical First Responder (MFR) yang terbagi dalam Penolongan Utama pada patah tulang, Penolongan Utama menggunakan tandu, Resusitasi Jantung Paru, Bantuan Nafas, Dan lain-lainnya

Hari Keempat Pukul 05.00-18.00 WIB (15/09/21), melakukan cek tensi tubuh dan melakukan olahraga pagi, setelah itu dilanjutkan materi lanjutan tentang Pertolongan di Ketinggian. Dimulai dari Prosedur Safety, Peralatan, Simpul, Anchoring dan Belaying, Ascending dan Descending serta Lowering dan Lifting System. Hari kelima pukul 05.00-18.00 WIB (16/09/21), melakukan cek tensi tubuh dan melakukan olahraga pagi, setelah itu dilanjutkan praktik tentang Pertolongan utama di Ketinggian yang sudah diberikan oleh instruktur atau mentor dari tim BASARNAS Lampung. Hari keenam pukul 05.00-11.00 WIB (17/09/21), Melakukan cek tensi tubuh dan melakukan olahraga pagi, setelah itu dilanjutkan SIMULASI keseluruhan dari apa yang sudah di praktikan. Dibagi dalam beberapa tim yaitu, Tim Posko, Tim Lowering, Tim Lifting, Tim Ambulance, Tim Rescuer dan lain-lain. Setelah itu break Sholat Jumat dan sehabis itu ada Penutupan Kegiatan yang dipimpin langsung oleh bapak Jumaril, S.E. selaku Kepala Kantor BASARNAS Lampung. Setelah itu para peserta dipulangkan ke rumah atau tempatnya masing masing.

Menurut Zulfikar , kegiatan ini sangatlah penting untuk dilaksanakan secara berkala bagi para potensi sar dan dia berharap penambahan jumlah potensi sar khususnya mahasiswa agar ITERA menjadi Pelopor PTN yang aktif di dalam kegiatan Pencarian dan Pertolongan.

306 views

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *