UPT MKG ITERA Terlibat dalam Literasi Aksi Iklim Generasi Muda Lampung

Pada tanggal 15-16 Juni 2022 UPT MKG ITERA turut hadir dalam acara yang diselenggarakan oleh Pusat Layanan Informasi Iklim Terapan BMKG bersama LPBI-NU yang membahas tentang Literasi untuk Aksi Iklim Generasi Muda dan Masyarakat Komunitas di Provinsi Lampung.

Kegiatan ini di isi dengan materi-materi yg berkaitan dengan perubahan iklim, potensi bencana hidrometeorologi, mitigasi bencana dan aksi nyata yang berupa penanaman sejumlah pohon sebagai upaya untuk mencegah bencana tanah longsor dan banjir yang merupakan salah satu contoh bencana hidrometeorologi yang terjadi di Provinsi Lampung.

Climate Change atau perubahan iklim kini telah menjadi isu penting yang dihadapi setiap negara tanpa memandang batas teritorial.

Kegiatan ini juga menanamkan sikap untuk peduli terhadap pemanasan global yang mana dapat mengakibatkan perubahan iklim dan kenaikan frekuensi maupun intensitas kejadian cuaca ekstrim. Pemanasan global dapat menyebabkan terjadi perubahan yang signifikan dalam sistem fisik dan biologis seperti peningkatan intensitas badai tropis, perubahan pola presipitasi, salinitas air laut, perubahan pola angin,mempengaruhi masa reproduksi hewan dan tanaman, distribusi spesies dan ukuran populasi, frekuensi serangan hama dan wabah penyakit, serta mempengaruhi berbagai ekosistem yang terdapat di daerah dengan garis lintang yang tinggi (termasuk ekosistem di daerah Artika dan Antartika), lokasi yang tinggi, serta ekosistem-ekosistem pantai.

Harapan dari kegiatan ini adalah menumbuhkan rasa peduli dan peka terhadap lingkungan disekitar kita dan dapat menularkan ilmu positif yang didapat kepada masyarakat luas.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *