Hujan Es di Bandar Lampung, Akibat Fase Pancaroba?

Hujan es terjadi pada hari Senin tanggal 19 September di wilayah Kecamatan Kemiling, Bandar Lampung. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.40-18.00 WIB. Fenomena hujan es ini biasa terjadi difase pancaroba. Fase pancaroba yaitu fase pergantian musim dari musim kemarau ke musim hujan. Fase pancaroba ini terjadi pada bulan September. Sementara menurut prakirawan BMKG Lampung wilayah Lampung akan memasuki musim hujan pada bulan Oktober dan November.

Fase pancaroba menyebabkan kondisi atmosfer menjadi tidak stabil, sehingga pertumbuhan awan cumulonimbus akan sangat cepat. Awan ini dapat berpotensi menimbulkan angin puting beliung hingga hujan es.

“Awan cumulonimbus menimbulkan hujan lebat, hujan es, dan disertai angin kencang yang menyebabkan banjir dan pohon tumbang”. Prakirawan BMKG Lampung Adi Saputra

Berdasarkan informasi dari BMKG Lampung dengan melakukan analisis terkini dinamika atmosfer, peristiwa ini terjadi akibat gelombang Rossby aktif di wilayah Lampung dan diperparah dengan Dipole Mode (negatif) yang sudah lama aktif.

Kepala Stasiun Meteorologi Radin Inten II, Kukuh Ribudiyanto menghimbau kepada masyarakat Lampung untuk tetap waspada terhadap peningkatan potensi terjadinya angin puting beliung pada siang hingga sore hari.

Sumber: BMKG Lampung

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *