Pandemi Bukan Penghalang Untuk Pelatihan Water Rescue UPT MKG

Unit Pelaksana Teknis (UPT) Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (MKG) Institut Teknologi Sumatera (ITERA) dan Basarnas Lampung mengadakan pelatihan tanggap bencana kepada mahasiswa hingga dosen dan pegawai. Pelatihan difokuskan pada teknik pertolongan di perairan atau water rescue yang dipusatkan di Embung C ITERA, Selasa, 16 November 2021.

Pelatihan tersebut merupakan bagian upaya sigap bencana seluruh sivitas akademika ITERA dan wujud pentingnya pengetahuan tanggap bencana di lingkungan kampus.

Kegiatan pelatihan yang melibatkan 33 peserta yang terdiri dari mahasiswa, dosen dan tenaga kependidikan ITERA tersebut dibuka oleh Kepala UPT Kawasan dan K3 ITERA, Juanda, S.E.,M.M. Sebelum mengikuti pelatihan, seluruh peserta dan instruktur juga telah menjalani tes Covid-19 dan dinyatakan negatif. Dalam kesempatan tersebut, Juanda menyampaikan pentingnya menjaga keamanan lingkungan kampus terutama di daerah perairan, mengingat ITERA memiliki banyak embung.

Juanda juga menyebut, pelatihan tanggap bencana yang diadakan UPT MKG ITERA menjadi wadah bagi sivitas akademika ITERA dalam mengembangkan bakat dan kemampuan berorganisasi serta meningkatkan kualitas diri dalam bidang pertolongan terhadap potensi bahaya bencana di sekitar.

Water Rescue merupakan salah satu teknik pertolongan yang dilakukan di air atau merupakan suatu tindakan penyelamatan secara efektif dan efisien, jika manusia dan segala sesuatu yang berharga berada dalam keadaan yang mengkhawatirkan di air. Kegiatan pelatihan dasar water rescue ini dilatarbelakangi atas kondisi lingkungan di ITERA yang berpotensi rawan kecelakaan di lingkungan Embung ITERA.

Dalam pelatihan tersebut, peserta mendapatkan materi pertolongan kebencanaan dari para instruktur Basarnas Lampung seperti pertolongan dengan resusitasi jantung paru (RJP), perkenalan perahu karet, teknik exit, entry dan mendayung, hingga teknik pertolongan dan penyelamatan di air. Selain materi para peserta juga secara langsung diajak praktik langsung penyelamatan di air dengan menaiki perahu karet di Embung C ITERA. (Rilis/Humas)

289 views

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *